LETTUCE, CUCUMBER and CARROT

LETTUCE 

Lettuce atau yang biasa kita kenal selada adalah sayuran hijau segar yang sering kita jumpai pada makanan jenis salad atau sayuran pelengkap untuk olahan burger dan sejenisnya.
Banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam sayuran ini, tapi sayangnya kita sering kali salah menempatkan sayuran yang dipanggil lettuce atau selada ini. terkadang kita lebih sering menemuinya sebagai penghias piring sajian makanan utama.

Sayuran lettuce atau selada ini mudah kita dapatkan jika kita pergi ke pasar tradisional atau supermarket. Sayuran tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi, maka sangat baik juga bila kita menambahkan selada ini ke menu diet sehat kita karena mengandung banyak beta carotein.
Antioksidan yang terkandung dalam sayuran lettuce mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kanker seperti kanker kulit, payudara, dan paru-paru. Bahkan selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selada dipercaya mampu mengobati tuberkolosis dan mencegah terjadinya gangguan paru-paru yang diakibatkan oleh rokok.

Kandungan vitamin pada sayuran ini banyak sekali, mulai dari vit. A, C, E dan beberapa jenis mineral seperti magnesium, asam folat, zat besi, fosfor, dan natrium. Vitamin C dan betakaroten yang terkandung dalam sayuran lettuce juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

MANFAAT YANG TERKANDUNG DALAM LETTUCE 

1. Sayuran Lettuce atau Selada rendah kalori
Selada sangat baik dan dapat membantu menurunkan berat badan karena memliki 12 kalori untuk satu cangkir diparut. Selada juga mengandung banyak serat dan selulosa yang dapat meningkatkan sistem pencernaan. Meningkatnya sistem pencernaan Anda sangat baik dalam mempengaruhi proses diet sehat Anda. Selain itu, sayuran ini sangat baik jika di konsumsi dalam jangka panjang. Serat yang terkandung sangat penting dalam membantu menghilangkan garam empedu dari tubuh.

2. Membantu Menyehatkan Jantung dan melawan kanker
Vitamin C serta betcarotein bekerja sama untuk mencegah oksidasi kolesterol jahat. Hal ini sangat membantu dalam pencegahan penumpukan plak dan membantu melawan kanker.


3. Mengandung Vitamin B kompleks untuk mempertahankan kesehatan rambut, kuku, dan kulit.
Jika Anda mengidamkan rambut sehat, dan kulit segar, selain mengkonsumsi buah-buahan, kami juga menyarankan Anda agar mengkonsumsi sayuran lettuce atau selada ini karena nilai nilai gizi yang baik untuk dikonsumsi bagi tubuh.


4. Lettuce dapat membantu mengobati diabetes
Daun selada juga sangat baik untuk mengobati penyakit diabetes karena memiliki kandungan gula yang rendah. Maka dari itu, penderita diabetes tidak perlu khawatir karena daun selada sangat aman dikonsumsi dalam jumlah besar karena kandungan gulanya sangat rendah.


Lettuce memiliki beberapa varietas atau jenis dengan bentuk yang berbeda-beda. Beberapa jenis lettuce antara lain : head lettuce, butterhead lettuce, leaf lettuce, romaine lettuce dan celtuce.  Tiap jenis lettuce memiliki ciri tersendiri seperti head lettuce yang memiliki bentuk seperti kepala, leaf lettuce dengan bentuk daun yang mencolok, salah satu jenisnya adalah selada lokal yang terkenal di pasar dengan nama selada. Pemberian nama selada mungkin karena sayuran ini biasa disajikan sebagai salad.
 

1.    Lollo verde
 
Di Indonesia, dikenal juga dengan sebutan selada keriting. Memiliki daun yang ramping dengan bagian ujung bergelombang. Tulang daunnya empuk,  berwarna putih. Biasanya daun selada keriting ini berwarna hijau muda hingga kuning muda. Cita rasanya netral,  cocok  dipadukan dengan beragam dressing.


2.    Lollo rosso
 
Berada pada kategori yang sama dengan selada keriting. Bedanya, jenis dedaunan ini ujungnya berwarna kemerahan. Teksturnya lembut, namun tetap renyah. Dipercaya mengandung antioksidan jenis quercetin yang tinggi. Kerap digunakan sebagai campuran dalam mesclun.


3.    Iceberg lettuce  (Head lettuce)
 
Kerap disebut selada bokor. Merupakan jenis selada dengan bonggol yang besar dengan lembaran daun berlapis-lapis yang padat. Teksturnya renyah dengan cita rasa segar. Di beberapa negara Eropa, selada jenis ini hanya bisa ditemukan pada musim panas. Setelah dipanen, selada bokor harus segera dikonsumsi karena daya tahannya hanya sekitar 24 jam.

images 
Bentuknya lebih mirip kol, dengan lembaran-lembaran daun yang saling bertumpuk rapat dan padat.
  4.    Cos/Romaine lettuce
double romaine 
Dipasarkan dengan nama yang sama di sini. Aslinya berasal dari Pulau Kos di Yunani. Daunnya lebar berwarna hijau dengan bentuk oval memanjang. Menjadi dasar untuk pembuatan cesar salad yang tersohor.  sekilas mirip sawi putih. Romaine lettuce atau yang lebih dikenal cos merupakan lettuce yang paling digemari dalam bentuk hidangan salad.








5.    Boston lettuce/Escarole
Disebut juga selada batavia. Memiliki bonggol di bagian pangkalnya dengan helaian daun yang lepas. Daunnya sedikit bergelombang dan bercita rasa segar dengan tekstur renyah. Selain cocok sebagai campuran salad,  sering juga digunakan untuk  sandwich.


6.    Radicchio
Berasal dari keluarga chicory. Memiliki daun berwarna merah gelap dengan semburat putih pada bagian batang. Bentuknya bulat atau memanjang dan rasanya sedikit pahit. Populer dipakai dalam sajian salad dari dapur Italia. Karena  agak pahit, radicchio kerap dimasak terlebih dahulu. Terkadang ditambah wine untuk memperkaya rasa selada merah ini.



CUCUMBER 

Timun atau mentimun merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari jenis labu-labuan, tanaman buah timun hanya dapat hidup sekali.Tanaman ini akan mati setelah buahnya di panen, sehingga para petani mesti menanamnya kembali dari awal. Buah timun ini memiliki aroma yang sangat menyegarkan, maka tak heran jika buah ini banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman es campur atau sop buah.

Manfaat timun untuk kesehatan

Mentimun, Selain rasanya yang dapat menyegarkan, buah ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Lalu, manfaat apa saja yang dapat dirasakan dari buah timun? Ternyata timun tidak hanya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, tetapi juga sangat berkhasiat untuk dijadikan untuk kecantikan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat timun, diantaranya sebagai berikut yang akan dijelaskan dibawah ini. 

8 Manfaat Timun Untuk Kesehatan: 

1. Dapat mencegah peradangan
Mengkonsumsi timun sangat berkhasiat untuk mencegah peradangan, cara mengkonsumsinya dapat secara langsung atau dijadikan sebagai campuran sirup atau dijadikan jus bersama buah-buahan lainnya.

2. Timun dapat melancarkan pencernaan
Bagi anda yang sedang memiliki masalah dengan pencernaan atau susah buang air besar, mengkonsumsi timun dapat menjadi solusi yang tepat dalam melancarkan sistem pencernaan anda. Hal ini dikarenakan, buah timun memiliki kandungan serat alami yang sangat berkhasiat serta dapat memberikan efek dingin yang dapat meringankan rasa mulas atau sakit perut.

3. Dapat mmbantu menyembuhkan penyakit paru-paru, cacingan dan arthritis
Mengkonsumsi timun secara rutin terbukti sangat berkhasiat dalam membantu masa penyembuhan bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru, cacingan dan arthritis.

4. Mencegah dehidrasi dan meningkatkan daya tahan tubuh
Timun kaya akan kandungan air nya yang mencapai 95% , sehingga sangat ampuh dalam mencegah tubuh terkena dehidrasi serta membantu membuang racun di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C nya mampu menangkal serangan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit, sehingga daya tahan tubuh akan tetap terjaga.

5. Menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam tubuh
Meminum jus timun secara rutin dapat memenuhi hormon yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin di dalam tubuh. Hormon tersebut mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi seseorang yang menderita diabetes. Selain itu, kandungan senyawa sterol nya dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi
Bagi anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), meminum jus timun merupakan solusi yang tepat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan, timun mengandung kalium, magnesium dan serat alami yang sudah terbukti keampuhannya.

7. Bermanfaat untuk kecantikan kulit
Untuk merawat kecantikan seperti menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat, mengatasi kulit berminyak, dan mengatasi masalah kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan, timun kaya akan nutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh kulit dan rambut kita.


8. Mengobati penyakit mata rabun
Mengobati penyakit mata seperti mata rabun. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaruh irisan mentimun pada bagian atas alis dan diamkan sekitar 15 menit. Lakukan rutin setiap hari. Maka berangsur-angsur mata anda akan jelas kembali dalam melihat. Dengan diletakannya timun diatas alis maka akan memperbaiki urat syaraf yang berhubungan ke mata.

Efek Samping Berlebihan Mengkonsumsi Timun, Bagi anda yang ingin mencoba khasiat dari buah timun ini, sangat disarankan agar tidak berlebihan. Karena efek samping mentimun jika pemakaian atau mengkonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti mengalami kebotakan atau toksisitas yang disebabkan oleh kandungan kimia dalam buah timun.
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai manfaat timun baik itu bagi kesehatan dan juga manfaatnya untuk kecantikan, semoga bermanfaat.

secara garis besar, timun dibag menjadi dua jenis yaitu :
A. Timun Jenis Kulit Bintik Putih
 
Pada timun jenis kulit bintik putih memiliki ciri khas yaitu buahnya memiliki bintik - bintik kecil berwarna putih. Timun ini biasanya banyak dijadikan sebagai asinan atau sayuran. Varietas timun yang masuk kategori jenis bintik putih adalah : 

  • Timun Lalap
    Timun lalap banyak dimanfaatkan sebagai makanan untuk lalap dengan sambal. Jenis timun ini memiliki ukuran sedang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Timun lalap memiliki daging buah yang manis serta berwarna hijau semu putih dan ketika sudah mencapai usia buah tua akan berawarna kecoklatan. Jenis timun lalap merupakan jenis timun yang terpopuler dan paling banyak ditanam oleh para petani. 
  • Timun Wuku
    Timun wuku memiliki daging buah yang lebih tebal.
  • Timun Watag
    Timun watag hampir sama dengan timun wuku yaitu memiliki daging buah yang tebal serta besar selain itu juga daging ini lebih keras dan memiliki warna hijau keputihan. Apabila sudah tua, buah ini akan berwarna kuning kecoklatan.
B. Timun Krai
 
Timun krai memiliki ciri khas yaitu kulit lebih halus dan besar dari ukuran timun kulit bintik putih. Rasa timun lebih manis dan biasanya tidak dimanfaatkan untuk makanan namun untuk masker. Timun ini tidak memiliki bintik kuning dipangkalnya. Jenis ini memiliki dua varietas yaitu :
  • Timun Suri
    Timun suri memiliki ukuran mencapai 10 kali ukuran timun biasa. Jenis timun ini memiliki ukuran lebih besar dan rasa lebih manis. Timun Suri banyak digunakan untuk campuran minuman.
  • Timun Krai Besar
    Timun Krai memiliki ukuran yang lebih kecil dari Timun suri namun memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai campuran minuman. 
Syarat Tumbuh Timun
Syarat tumbuh
(a)Ketinggian
Ketinggian tempat tanam sekitar 1 - 1.000 MDPL
(b) Memiliki angka Curah hujan tahunan : 800 - 1.000 mm/tahun.
(c) Memiliki masa bulan basah (di atas 100 mm/bulan) : 5 bulan - 7 bulan
(d) memiliki masa Bulan kering (di bawah 60 mm/bulan): 4 bulan - 6 bulan
(e) Memiliki Suhu udara sekitar 170 c - 230 C
(f) Memiliki tingkat Kelembaban : sedang dan intensitas Penyinaran : sedang - tinggi.

Pertanahan
(a) Jenis tanah yang tepat adalah lempung
(b) Memiliki Drainase yang baik
(c) Memiliki Kedalaman air tanah sekitar 50 cm - 200 cm dari permukaan tanah
(d) Mempunyai kedalaman perakaran di atas 15 cm dari permukaan tanah
(e) Memiliki keasaman tanah (pH) : 5,5-6,8, 
 
 
CARROT 
 
wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan biennial atau tumbuhan yang menyelesaikan satu kali siklus hidupnya dalam waktu 2 tahun atau kurang yang berasal dari genus Daucus. Tumbuhan ini tumbuh di daerah dataran tinggi(1200m dpl) yang memiliki tanah gembur,subur, suhu udara dingin serta lembab. Tumbuhan ini memiliki batang bunga yang dapat tumbuh tinggi berkisar 1 meter, memiliki bunga berwarna putih, dan bagian yang dapat dimakan dari tumbuhan ini adalah umbinya yang memiliki rasa manis langu.
 
Jenis-jenis wortel dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu :
  1. Wortel Imperator wortel imperator
    Jenis wortel imperator memiliki bentuk bulat memanjang dengan ujung meruncing seperti kerucut , wortel ini sedikit tipis, serta memiliki umbi berwarna oranye. Wortel jenis ini kurang disukai oleh orang karena rasa yang dimiliki wortel jenis ini kurang manis.
  • Wortel Chantenay wortel chantenay
    Jenis wortel ini  memiliki bentuk tebal meruncing dengan ujung yang tumpul.  Jenis wortel chantenay memiliki panjang sekitar 5 inci serta banyak disukai orang karena memiliki rasa yang manis. Dibandingkan jenis wortel lainnya wortel jenis ini memiliki tekstur  lebih kasar. Biasanya, wortel jenis ini sering dimasak dengan di potong berbentuk dadu.
  • Wortel Nantes wortel Nantes
    Jenis wortel nantes merupakan gabungan dari wortel jenis Imperator dan jenis chantenay. Wortel jenis ini memiliki ukuran sedang,  memiliki warna oranye gelap, berbentuk bulat tumpul, dan memiliki diameter dari atas hingga bawah sama . Kandungan air pada wortel nantes lebih tinggi dari jenis wortel lainnya sehingga jika dimasak rasa manis pada wortel jenis ini akan berkurang.
Manfaat dari wortel adalah :
   
 Mencegah penyakit jantung: Dalam sebuah studi yang dimaksudkan untuk mengungkapkan nilai terapeutik peneliti wortel di Wolfson gastrointestinal Laboratorium di Edinburgh, Skotlandia mengungkapkan bahwa mengurangi kadar kolesterol sebesar 11 persen jika tujuh ons wortel mentah setiap hari diambil selama berminggu-minggu Engkau. Kolesterol tinggi merupakan faktor utama untuk penyakit jantung. 
Karena konsumsi secara teratur wortel mengurangi tingkat kolesterol itu baik untuk mencegah masalah jantung yang terkait. Sekelompok ilmuwan Swedia menemukan bahwa sayuran akar dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Mario Negri Institut Penelitian Farmakologi di Italia menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak wortel memiliki sepertiga risiko serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang makan wortel lebih sedikit.

    Mencegah kanker : beta-karoten konsumsi telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa kanker, terutama kanker paru-paru. Peneliti Inggris menemukan bahwa peningkatan konsumsi beta-karoten 1,7-2,7 miligram sehari resiko kanker paru-paru berkurang lebih dari 40 persen. Wortel rata-rata mengandung sekitar tiga miligram Beta-karoten. Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa makan wortel kaya serat mengurangi risiko kanker usus besar sebanyak 24 persen. Studi lain menunjukkan bahwa perempuan yang makan wortel mentah 5-8 kali lebih mungkin mengembangkan kanker payudara daripada wanita yang tidak makan wortel.

    Degenerasi makula: Ini adalah penyakit mata umum lansia. Ini merusak makula. Penelitian menemukan bahwa orang yang makan paling Beta-karoten memiliki risiko empat puluh persen lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sedikit.

    Meningkatkan penglihatan: Defisiensi vitamin A dapat menyebabkan beberapa kesulitan melihat dalam cahaya redup. Karena wortel kaya akan vitamin A itu baik untuk meningkatkan penglihatan.

    Stroke: Sebuah wortel sehari dapat mengurangi risiko stroke hingga 68 persen. Banyak penelitian yang memperkuat "efek wortel" pada otak. Studi dilakukan pada pasien stroke menunjukkan bahwa wortel dengan tingkat tertinggi Beta karoten memiliki tingkat kelangsungan hidup terbaik.

    Diabetes: Wortel yang baik untuk regulasi gula darah karena adanya karotenoid dalam wortel. Karotenoid terbalik mempengaruhi resistensi insulin dan gula darah sehingga lebih rendah.

    Wortel memiliki kualitas antiseptik dan karena itu, dapat digunakan sebagai pencahar, vermicide dan sebagai obat untuk kondisi hati. Minyak wortel baik untuk kulit kering. Dengan memakan wortel Itu membuat kulit lebih lembut, halus dan kencang. Jus wortel juga meningkatkan kesehatan perut dan pencernaan.

Dengan demikian, wortel di hidangkan dalam bentuk baku, jus,sop, atau sayuran lainnya sangat bermanfaat untuk kesehatan anda, mulai dari sekarang cintailah sayur dan buah.

ketiga postingan saya ini, saya mengambil keputusan dalam mencari informasi tentang swlad, timun, wortel. ketiga bahan ini banyak disajikan menjadi salad atau asinan yang di tambahkan buah nenas, cuka, garam, dan gula. 

sumber: 
https://suppliersayuransite.wordpress.com/2017/08/05/lettuce-selada-apa-itu-sayuran-lettuce/
https://aanfarm.wordpress.com/2014/04/11/jenis-jenis-selada/
https://manfaat.co/manfaat-timun-dan-efek-sampingnya.html
http://www.usaharumahan19.com/2017/08/-jenis-dan-manfaat-timun.html
http://www.inikabarku.com/2012/04/manfaat-wortel.html
http://www.faunadanflora.com/wortel-klasifikasi-jenis-kandungan-serta-manfaatnya/

Komentar

Postingan Populer